-->
goyang-goyang

Wednesday, August 21, 2013

Penyuluhan Anti Narkoba Di Dusun Randukuning I

Penyuluhan Anti Narkoba Di Dusun Randukuning I

Narkoba merupakan masalah yang krusial yang ada di Indonesia  dan butuh reaksi cepat dalam upaya pencegahan dan pemberantasannya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan Penyuluhan Anti Narkoba. Hal inilah yang dilakukan kelompok  Kuliah Kerja Nyata (KKN) 57 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 2013 di Dusun Randukuning I, Selang, Wonosari, Gunung Kidul.

Acara yang dilaksanakan di Rumah Bapak Hartono pada hari Selasa (23/7) malam pukul 20.00 WIB diikuti oleh elemen masyarakat Randukuning I, seperti Ketua Dukuh Randukuning I, Ketua Posdaya Randukuning I, Tokoh Masyarakat, Remaja, dan masyarakat Randukuning 1 pada umumnya. Kepala Dukuh Randukuning I Karju Mangun Utama dalam sambutannya, mengatakan kegiatan penyuluhan tersebut sangat bermanfaat bagi warga Randukuning I. Walaupun para warga belum mengenal narkoba secara detail, tetapi mereka perlu mengetahui jenis, bahaya, dampak dan ancaman pidana yang didapat jika terlibat dengan penggunaan narkoba.

Materi penyuluhan anti narkoba yang disampaikan dari perwakilan kelompok KKN 57 UNY yaitu Cholid Faizal, Triyati, Arief Ebta dan Yohanna dengan dibantu rekan lainnya ini mencakup pengenalan tentang narkoba, bahaya, efek, dan gejala penyalahgunaan narkoba,  landasan hukum, serta cara mencegah narkoba. Yang menarik, fokus penyuluhan kali ini bertujuan untuk membentuk Satuan Petugas (SATGAS) Anti Narkoba di Randukuning I dengan anggota Bapak Karju Mangun Utomo, Bapak Sumanto, dan Wahyu Supriyanto. Dimana SATGAS ini bisa melakukan penyuluhan selanjutnya agar Randukuning bebas dari akan Narkoba. “Dekatkan diri kepada Alah SWT serta melakukan kegiatan yang positif. Seperti berolahraga, mengaji, membantu teman, dan sebagainya. Intinya katakan tidak pada narkoba,’’ pesan Cholid di akhir pemaparannya

iakhir acara, dilakukan penyerahan mengenai alat media tentang narkoba seperti buku saku narkoba, poster anti narkoba,  Buku undang-undang Narkotika, buku cerita anak anti narkoba, dan lain-lainya. Penyuluhan Anti Narkoba yang sekaligus pembentukan Satuan Petugas (SATGAS) Anti Narkoba yang di dukung penuh dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Yogyakarta dan Gerakan Narkotika Nasional (GRANAT) Yogyakarta ini sangat direspon baik oleh masyarakat sekitar. Terbukti saat penyuluhan masyarakat sangat antusias hadir dalam acara tersebut. Meski berlangsung singkat, namun semua warga tetap serius mengikuti penyuluhan.


0 comments:

Post a Comment