-->
goyang-goyang

Saturday, August 3, 2013

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PEMBUATAN BROWNIES SINGKONG KUKUS KEJU

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN
PEMBUATAN BROWNIES SINGKONG KUKUS KEJU


antusias warga dalam pelatihan brownies singkong


            Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja KKN 57 UNY 2013. Pelatihan kewirausahaan Pembuatan Brownies Singkong Kukus Keju ini ditujukkan untuk Ibu-ibu rumah tangga di dusun Randukuning. Pelatihan ini dicetuskan dikarenakan di daerah Randukuning banyak terdapat sumber daya alam yang berupa singkong yang dalam pemasarannya masih dalam bentuk singkong mentah (belum diolah) sehingga harga jualnya masih sangat murah. Padahal apabila singkong-singkong tersebut diolah, pasti dalam penjualannya akan meningkatkan harga jual yang secara otomatis akan meningkatkan laba yang diterima oleh warga Randukuning.
            Pelatihan Pembuatan Brownies Singkong Kukus Keju ini dilakukan sebanyak dua kali. Yang pertama pada tanggal hari Minggu, 7 Juli 2013 bertempat di Balai Padukuhan Randukuning III, yang dihadiri oleh ibu-ibu dari tiga dasawisma (sekitar 30 orang). Yang kedua pada dilakukan pada hari Minggu, tanggal 14 Juli 2013 bertempat di Balai Padukuhan Randukuning I. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 30 orang ibu-ibu. Selama dua pelatihan tersebut, kegiatan berjalan lancar dan masyarakat sangat antusias dan mendukung kegiatan pelatihan ini.
            Diharapkan dengan adanya Pelatihan Kewirausahaan ini, warga Randukuning khususnya Ibu-Ibu Randukuning dapat memproduksi sesuatu yang bernilai ekonomis tinggi.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
  • -250 gram singkong, parut, peras
  • -100 gram dark cooking chocolate, potong-potong
  • -100 gram margarin 
  • -4 butir telur 
  • -150 gram gula pasir 
  • -80 gram tepung terigu protein sedang 
  • -20 gram cokelat bubuk 
  • -1 sendok makan rhum 
  • -100 gram keju cheddar parut
proses brownies yang telah melewati tahap pertama


Cara membuat:
1. Lelehkan margarin. Masukkan dark cooking chocolate. Aduk hingga larut. Sisihkan.
2. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
3. Tambahkan singkong, campuran cokelat, dan rhum. Aduk rata.Tuang 1/2 bagian adonan ke dalam loyang loaf ukuran 26x10x7 cm yang sudah dioles margarin dan ditabur tepung terigu. Taburi 50 gram keju parut.
4. Kukus diatas api sedang 15 menit. Angkat. Tuang sisa adonan. Taburi dengan sisa keju parut. Kukus lagi 30 menit sampai matang.

hasil akhir brownies yang dapat digunakan sebagai konsumsi ataupun dijual



0 comments:

Post a Comment