-->
goyang-goyang

Saturday, August 3, 2013

Pembuatan Emping Singkong

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN
PEMBUATAN EMPING SINGKONG “Pak Randu”

Tim KKN 57 memperlihatkan produksi emping "Pak Randu"


Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja KKN 57 UNY 2013. Pelatihan kewirausahaan Pembuatan Emping Singkong ini ditujukkan untuk Ibu-ibu rumah tangga di dusun Randukuning. Pelatihan ini dicetuskan dikarenakan di daerah Randukuning banyak terdapat sumber daya alam yang berupa singkong yang dalam pemasarannya masih dalam bentuk singkong mentah (belum diolah) sehingga harga jualnya masih sangat murah. Padahal apabila singkong-singkong tersebut diolah, pasti dalam penjualannya akan meningkatkan harga jual yang secara otomatis akan meningkatkan laba yang diterima oleh warga Randukuning.
            Pelatihan Pembuatan Emping Singkong “Pak Randu” ini dilakukan sebanyak dua kali. Yang pertama pada tanggal hari Minggu, 7 Juli 2013 bertempat di Balai Padukuhan Randukuning III, yang dihadiri oleh ibu-ibu dari tiga dasawisma (sekitar 30 orang). Yang kedua pada dilakukan pada hari Minggu, tanggal 14 Juli 2013 bertempat di Balai Padukuhan Randukuning I. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 30 orang ibu-ibu. Selama dua pelatihan tersebut, kegiatan berjalan lancar dan masyarakat sangat antusias dan mendukung kegiatan pelatihan ini.
            Diharapkan dengan adanya Pelatihan Kewirausahaan ini, warga Randukuning khususnya Ibu-Ibu Randukuning dapat memproduksi sesuatu yang bernilai ekonomis tinggi.

Alat dan Bahan:
  1. Alat tumbuk (Alu dan Lumpang)
  2. Panci
  3. Alat press (centhong nasi)
  4. ToplesSingkong
  5. Bumbu Serbuk

 
Ibu-ibu Randukuning sedang menggoreng emping
Cara membuat:
1.      Rebus singkong selama 30 menit (singkong sampai lunak)
2.      Tumbuk singkong dengan alat tumbuk sampai halus
3.      Buatlah adonan singkong seperti bola kecil kecil
4.      Kemudian press setipis mungkin
Emping yang masih berbentuk lembaran tipis ketela

5.      Jemur sampai kering
6.      Goreng sampai matang dan taburi bubuk rasa

Para warga dengan antusias memperlihatkan produk "Pak Raju"



0 comments:

Post a Comment